iKON at MAMA 2015. Won Best New Male Artist and Perform Apology+Anthem+Rhythm Ta

Sunday, December 13, 2015



Award kedua yang iKON hadiri adalah MAMA atau MNet Asian Music Awards. Inget kan kalau iKON itu dari sebelum debut pengen banget ada di acara penghargaan ini? Kalau iKONICs pasti pernah berkhayal setelah iKON debut menang Best New Male Artist terus kalau bisa juga ada momen sama keluarga YG seperti Big Bang, Winner, 2NE1? Kalau iya berarti sama kayak aku haha.



MAMA 2015 ini sudah digelar tanggal 2 Desember 2015 lalu. Sama seperti sebelumnya MAMA tahun ini digelar di Hongkon lagi. Kemarin sempat ada kabar bahwa artis YG akan absen di penghargaan ini. Karena apa? Pasti tau dong kalau jaman debut iKON sempat ada rumor kalau YG kecewa sama MNet itu? Yang belum tahu, alasan dari kekecewaan YG adalah karena iKON tidak diikut sertakan dalam tangga lagu MCountdown padahal Sigle Digital iKON yang My Type meledak setelah dirilis.
My Type waktu itu bahkan sudah menang di Inkigayo dan Music Core meskipun sebelum iKON melakukan debut resmi. Padahal seperti yang kita tahu, acara survival iKON Mix & Match ditayangkan di MNet serta B.I dan Bobby ikut serta dalam ajang Show Me The Money 3 milik MNet dan ikut membuat acara ini terkenal. Jadi bisa dipahami bagaimana kecewanya YG kepada MNet. Mnet lalu memberikan tanggapan bahwa hal itu karena iKON belum secara aktif mempromosikan single mereka, bahkan mereka belum debut sehingga MNet tidak bisa mencantumkan iKON pada chart mereka. 
Walaupun begitu iKON berhasil menang di MCountdown untuk Rhythm Ta. Sayangnya sampai sekarang iKON belum pernah perform di MCountdown dan memilih hanya promosi di Inkigayo. 2 minggu sebelum acara MAMA aja artis YG masih belum dikonfirmasi ikut ajang penghargaan ini. Tahu sendiri kan, bagaimana paniknya YG Stan gara-gara ini. Secara tahun ini Big Bang sama iKON sukses berat. Masak mereka nggak menang di MAMA? Aneh aja kan.
Tak berapa lama setelah itu, pihak YG dan Mnet berunding dan akhirnya iKON dan Big Bang dikonfirmasi hadir di acara ini. Bahkan PSY dan CL ikut menjadi guest untuk melakukan comeback mereka. Kejutannya ternyata 2NE1 ikut memberikan surprise performing sebagai satu grup lengkap.



Menariknya pada MAMA 2015 ini iKON membawakan 3 buah lagu, Yay! iKON membawakan Apology sebagai pembuka perform mereka. Lalu dilanjutkan dengan Double B (B.I&Bobby) membawakan Anthem dan diakhiri dengan Rhythm Ta. Kalau kalian mengamati komennya seru loh, haha. Fan war terjadi tepat pada saat iKON tampil ini. Apa alasannya? Banyak.

Pertama karena mereka masih rookie tapi mereka membawakan 3 buah lagu. Padahal artis yang perform sampai membawakan lagu sebanyak ini hanya seperti Big Bang, EXO, 2NE1, dan PSY. Banyak haters yang merasa iKON belum pantas membawakan lagu sebanyak ini padahal mereka baru debut dua bulan.
Kedua adalah karena MNet tidak adil dalam membagi porsi waktu. Monsta X dan Seventeen yang sama-sama rookie bahkan debut lebih dulu daripada iKON saja hanya menyanyikan satu lagu di red carpet, satu untuk acara inti MAMA, dan satu lagi kolaborasi. Begitu pula GOT 7 yang sudah debut dari tahun lalu.
Kalau aku pribadi sih menanggapi ini karena ya memang iKON memiliki banyak single hits di chart musik karena mereka sistem debutnya hampir seperti sistem comeback Big Bang tahun ini. Masih mending kan iKON nggak membawakan My Type juga, LOL. Kalau grup yang tadi disebut terdzalimi *bahasaku wkw* itu kan memang karena lagu hits mereka ya itu untuk tahun ini. Bahkan GOT 7 membawakan Girls Girls Girls yang sudah rilis tahun lalu. Selain itu sih, kalau MNet seperti mengemaskan iKON, soalnya iKON lahir di MNet woy haha. Mungkin MNet merasa bersalah sudah tidak mencantumkan iKON di chart mereka dan meminta maafnya dengan cara ini haha.
Alasan ketiga ini yang buat aku miris. Kita ini YG Stan loh. Harus saling mendukung. Tapi masih aja ada Incle (Inner Circle, fansnya Winner) mengatakan bahwa YG itu iKON biased soalnya iKON perform 3 lagu sementara Winner cuma 1 lagu. Sekali lagi ini karena memang lagu Winner yang menjadi title track dan menag di chart kan emang Empty. Sistem debut mereka langsung ngeluarin satu album dan hanya lagu Empty yang ditonjolkan, jadi ya cuma Empty yang mereka bawain. Atau mungkin karena MNet waktu itu nggak ada perasaan bersalah sama YG jadi ya gitu, nggak biased wkw.



Dan Yay! lagi. Keinginan iKONICs dan member iKON terwujud. iKON menang sebagai Best New Male Artist. Hore. Seneng banget deh akhirnya ekspektasi Papa YG yang berharap iKON menang penghargaan akhir tahun terlunasi. Terutama di ajang MAMA ini. Meneruskan hyung mereka, Winner. Btw aku kok selalu suka ya sama speechnya B.I haha. Nggak tau kenapa kerasa karisma ni leader walaupun ada bagian dimana dia keliatan grogi hehe. Seperti yang dijanjikan, Jinhwan, Donghyuk, dan Junhoe juga nari konyol setelah memberikan speech mereka walaupun tidak terlalu jelas di official videonya. Kalau penasaran bisa lihat fancamnya ya.

Pokoknya MAMA 2015 tahun ini seru lah. Walaupun ada banyak haters yang mengatakan bahwa iKON dan Twice menang Best New Artist hanya karena agensi mereka, bagiku mereka berhak mendapatkannya. Votingnya aja iKON menang 30% kok. Lebih banyak 4 juta dari Seventeen. Itu menandakan bahwa fans ikut andil dalam kemanangan mereka, nggak cuma agensi mereka doang. Kalau masalah agensi sih, nggak adil menyalahkan atau membenci mereka hanya karena agensi mereka. Karena apa? Mereka bisa masuk agensi besar itu saja menandakan bahwa mereka punya bakat yang luar biasa. Itulah kenapa banyak fans percaya sama artsi agensi besar. Nggak mudah masuk ageni besar itu.





Ada momen Big Bang, 2NE1, sama iKON juga. Walaupun mereka nggak dalam satu frame, tapi mereka saling mendukung. Hanya saja iKON tidak ada saat Big Bang menang Song of The Year dan Artist of The Year. Itu karena schedule iKON yang padat dan mereka harus ke bandara untuk kembali ke Korea. Schedule mereka adalah fanmeeting di Shanghai pada tanggal 5 Desember 2015 itu, 3 hari setelah acara MAMA. Jadi mereka harus segera lanjut. Semoga tidak ada kesalahpahaman antara VIP dan iKONICs.


Congratulations boys!

You Might Also Like

0 Comments

Let's share our opinion with an open mind^^